RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
TEMA : AIR, BUMI DAN MATAHARI
SUB TEMA : AIR
Oleh :
ADE AGUS HALIM
PENATARAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
KABUPATEN TASIKMALAYA
TAHUN 2014
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : SDN Sirnagalih
Kelas/Semester : II (Dua)
/
2
(Dua)
Tema : Air, Bumi dan Matahari
Sub Tema : Air
Pembelajaran ke : 4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
A. Kompetensi
Inti (KI):
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis,dalam karya yang estesis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
PPKn
Kompetensi Dasar :
1.2 menerima kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah.
4.2
Melaksanakan tata
tertib di rumah.
Indikator :
3.2.2
Mengelompokkan
berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan tata tertib yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.3
Menjelaskan tata
tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2.1 Melaksanakan tata tertib di lingkungan
keluarga.
BAHASA
INDONESIA
Kompetensi Dasar :
1.2 menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas
keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang
kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
Indikator :
3.3.1 Mengidentifikasi teks buku harian tentang
kegiatan anggota keluarga.
4.3.1 Menceritakan berbagai kegiatan anggota
keluarga.
SBDP
Kompetensi Dasar :
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni
sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam
membuat karya seni rupa.
4.4 Membentuk karya relif dari bahan yang ada di
lingkungan sekitar.
Indikator :
3.1.1 Menetukan bahan dan alat dalam membuat karya
seni.
4.4.1 Membentuk
karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang dipilih.
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa mengamati
gambar, siswa dapat mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai dengan
tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan cermat.
2. Dengan menjawab
pertanyaan, siswa dapat menjelaskan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
3. Dengan menyadari
penting mematuhi tata tertib, siswa dapat melaksanakan tata tertib di
lingkungan keluarga dengan tanggung jawab.
4. Dengan membaca teks
buku harian Edo, siswa dapat mengidentifikasi teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dengan cermat.
5. Dengan membaca teks
buku harian Edo, siswa dapat menceritakan berbagai kegiatan anggota keluarga
dengan percaya diri.
6. Dengan kegiatan tanya
jawab, siswa dapat menentukan bahan dan alat dalam membuat karya seni dengan
cermat.
7. Dengan bimbingan
guru, siswa dapat membentuk karya relief dari bahan lingkungan sekitar yang
dipilih dengan cermat.
D.
Materi Pembelajaran
Air bermanfaat
dalam kehidupan sehari-hari.
Setiap hari
kita menggunakan air.
Edo mencatat
kegiatan sehari-hari yang menggunakan air.
Amatilah gambar
berikut dengan teliti.
Tuliskan
kalimat yang sesuai dengan gambar itu!
Amatilah kembali gambar di atas!
Kegiatan mana saja yang kamu lakukan sehari hari?
Kegiatan mana saja yang menunjukkan tata tertib di rumah?
Ceritakan kegiatanmu sehari hari dengan percaya diri!
Ceritakan juga kegiatan mana yang merupakan tata tertib di
rumahmu!
Berilah tanda centang untuk kegiatan yang mematuhi tata
tertib!
Bacalah teks buku harian Edo di bawah ini dengan nyaring
dan percaya diri!
Kegiatan di Sore Hari
Sore hari setelah pulang sekolah aku menyiram tanaman.
Menyiram tanaman adalah tugasku.
Aku menyiram tanaman menggunakan selang air.
Aku tidak lupa mematikan keran air setelah selesai
menyiram tanaman.
Kakakku bertugas menyapu dan mengepel lantai.
Air untuk mengepel ditempatkan di dalam ember.
Kakakku menggunakan air secukupnya.
Selesai mengepel, air bekas pel dibuang ke saluran air
kotor.
Buatlah pertanyaan tentang teks buku harian Edo tersebut!
Tukarkan pertanyaanmu dengan pertanyaan temanmu.
Jawablah pertanyaan tersebut!
Tahukah kamu berbagai macam wadah air?
Botol minummu adalah contoh wadah air.
Buatlah relief berbentuk botol minum dari bubur kertas!
Lakukan kegiatan itu dengan percaya diri!
Yang kita butuhkan adalah kertas koran, lem kanji, air,
ember, papan tripleks yang sudah digambari pola
bentuk botol air minum, kuas dan cat pewarna.
Cara membuatnya adalah sebagai berikut.
Potonglah kertas koran menjadi potongan kecil-kecil, rendam
dalam ember berisi air sampai lunak.
Remas-remas potongan koran sampai menjadi bubur.
Masukkan bubur koran ke dalam panci.
Campur dengan lem kanji. Aduk sampai tercampur rata.
Isilah desain pola botol minum pada papan tripleks dengan
bubur kertas.
Tempel dan bentuklah dengan rapi.
Biarkan sampai kering. Setelah kering, warnai dengan cat
pewarna.
E. Metode
Pembelajaran
1. Metode : ceramah, tanya jawab,
diskusi, penugasan.
2.
Pendekatan : scientific (mengamati, menanya, menalar,
mengomunikasikan,
mencoba/memperagakan).
F. Media, Alat dan Sumber
Pembelajaran
1. Media : - Gambar
beberapa contoh kegiatan Edo di pagi hari.
- Gambar contoh
kegiatan yang mematuhi dan tidak mematuhi tata tertib.
- Gambar relief botol minum dari bubur kertas.
-
Powerpoint.
2.
Alat : perangkat ICT, Air, kertas bekas, lem kanji, ember, pola botol air minum,
kuas, dan
cat pewarna.
3.
Sumber Belajar : - Buku siswa kelas II, Buku Guru Tema Air, Bumi dan Matahari
dengan tematik terpadu kurikulum 2013.
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua
siswa untuk berdo’a.
2. Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa.
3. Guru memberikan
motivasi kepada siswa dengan menunjukkan sebuah gambar air.
4. Tanya jawab tentang
gambar air.
5. Mengajak siswa
untuk berdinamika dengan menyanyikan lagu berjudul “Air”.
6. Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Air, Bumi dan Matahari” dan sub tema “Air”.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Guru menunjukkan
gambar-gambar kegiatan sehari-hari menggunakan air dilanjutkan dengan
menyuruh siswa mengamati gambar tersebut.
2. Siswa mengamati
beberapa gambar kegiatan Edo di pagi hari (mengamati).
3. Siswa mengamati
gambar-gambar tersebut kemudian menuliskan kalimat yang sesuai dengan gambar
(menalar).
4. Guru memeriksa kalimat-kalimat
yang ditulis siswa dengan memberikan umpan balik. Guru menilai siswa.
5. Siswa menceritakan
kegiatan-kegiatan yang menggunakan air, terutama kegiatan yang ada
hubungannya dengan tugas-tugas yang dilakukan setiap anggota keluarga di
rumah (mengomunikasikan).
6. Siswa menceritakan
tata tertib di rumah mengenai tugas-tugas di rumah yang berhubungan dengan
manfaat air (mengomunikasikan).
7. Guru menyuruh siswa
untuk mengamati gambar tentang tata tertib.
8. Siswa mengamati
beberapa gambar tentang tata tertib (mengamati).
9. Siswa memberi tanda
centang pada gambar yang menunjukkan kegiatan yang mematuhi tata tertib
(menalar).
10. Guru menyuruh
seluruh siswa untuk membaca teks.
11. Siswa membaca teks
secara bergiliran di depan kelas (mengamati).
12. Guru bertanya jawab
tentang pengalaman siswa mengenai manfaat air.
13. Siswa membuat
pertanyaan yang dituliskan di buku siswa (menalar).
14. Siswa bertukar buku
dengan temannya agar saling menjawab pertanyaan.
15. Siswa saling
memeriksa jawaban temannya (menalar).
16. Siswa secara
berpasangan saling menanggapi pertanyaan dan jawaban masing-masing
(mengomunikasikan).
17. Guru menjelaskan
cara membuat karya seni dari bubur kertas.
18. Siswa membuat
kreasi berupa karya seni dari bubur kertas (mencoba).
|
150 menit
|
Penutup
|
1. Bersama-sama siswa
membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi).
3. Melakukan penilaian
hasil belajar.
4. Mengajak semua
siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
a. Guru mengamati
sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara
melafalkannya).
b. Segera memberikan
nasehat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam
berdo’a, agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan.
5. Guru memberikan
pesan moral untuk melestarikan air dengan cara menanam pohon.
|
15 menit
|
H. Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap : Rasa ingin tahu, tanggung jawab, peduli
b.
Penilaian pengetahuan : Tes tertulis
c.
Penilaian keterampilan : Unjuk kerja
2.
Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian
Sikap
Berilah tanda centang (Ö)
pada kolom yang sesuai !
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Rasa Ingin Tahu
|
Tanggung Jawab
|
Peduli
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Tahapan perkembangan nilai karakter sebagaimana tercantum dalam Kerangka
Acuan Pendidikan Karakter (Kemendiknas, 2010) meliputi:
BT:
Belum Terlihat
Apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang
dinyatakan dalam indicator karena belum memahami makna dari nilai itu (tahap
anomi).
MT: Mulai Terlihat
Apabila peserta didik sudah mulai
memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator
tetapi belum konsisten karena sudah ada pemahaman dan mendapat penguatan
lingkungan terdekat (tahap heteronomi).
MB:
Mulai Berkembang
Apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang
dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten, karena selain sudah ada
pemahaman dan kesadaran juga mendapat penguatan lingkungan terdekat dan
lingkungan yang lebih luas (Tahap Sosionomi ).
SM: Sudah Membudaya
Apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang
dinyatakan dalam indikator secara konsisten karena selain sudah ada pemahaman
dan kesadaran dan mendapat penguatan lingkungan terdekat dan lingkungan yang
lebih luas sudah tumbuh kematangan moral (tahap autonomi).
Catatan :
Guru diharapkan mengembangkan teknik dan instrumen penilaian lebih lanjut
menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing sekolah.
b. Penilaian
Pengetahuan
1. Penilaian mengajukan pertanyaan
No
|
Kriteria
|
Tercapai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Mamapu mengajukan pertanyaan
sesuai gambar dengan bahasa sendiri
|
|
|
2.
|
Mampu menjawab pertanyaan
teman dengan benar
|
|
|
Hasil
Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
Tercapai
(Ö)
|
Tidak
(Ö)
|
Tercapai
(Ö)
|
Tidak
(Ö)
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
2.
Menentukan kegiatan yang mematuhi tata tertib
berdasarkan gambar
Jumlah : 4 soal
Jawaban
1.
x (skor 25)
2.
p (skor 25)
3.
x (skor 25)
4.
p (skor 25)
c.
Penilaian Keterampilan
Penilaian unjuk kerja
1.
Menuliskan kalimat berdasarkan gambar
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Keefektifan dan kesesuaian
kalimat dengan gambar
|
Kalimat efektif dan sesuai
dengan gambar
|
Kalimat efektif namun kurang
sesuai dengan gambar
|
Kalimat kurang efektif dan
kurang sesuai dengan gambar
|
Kalimat tidak sesuai dengan
gambar
|
2
|
Penggunaan hurup besar, dan
tanda baca
|
Seluruh kalimat menggunakan
huruf besar di awal kalimat dan nama orang. Serta menggunakan tanda titik di
akhir kalimat
|
Terdapat 1-2 kalimat yang salah
dalam penggunaan hurup besar dan tanda titik
|
Lebih dari 2 kalimat yang salah
dalam penggunaan hurup besar dan tanda titik
|
Semua kalimat salah dalam
penggunaan hurup besar dan tanda titik
|
1.
Bercerita tentang kegiatan sehari-hari dan tata
tertib di rumah
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan bercerita
|
Cerita yang disampaikan lengkap
dan sesuai dengan tema
|
Cerita sesuai dengan tema,
namun kurang lengkap
|
Cerita kurang sesuai dengan tema
dan kurang lengkap
|
Cerita tidak sesuai dengan tema
|
2
|
Volume suara
|
Volume suara keras dan jelas
|
Volume suara jelas
|
Volume suara kurang jelas
|
Suara sangat pelan dan tidak
jelas
|
2.
Membacakan teks buku harian Edo
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan membaca teks
|
Siswa mampu membaca keseluruhan
teks dengan lancar
|
Siswa mampu membaca seluruh
teks, tetapi kurang lancar
|
Siswa kurang mampu membaca
|
Siswa belum mampu membaca teks
|
2
|
Volume suara
|
Volume suara keras dan jelas
|
Volume suara jelas
|
Volume suara kurang jelas
|
Suara sangat pelan dan tidak
jelas
|
3.
Membuat karya relief dari bubur kertas
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
komposisi
|
Ada keharmonisan komposisi
karya yang dirancang
|
Terdapat sebagian besar
keharmonisan komposisi karya yang dirancang
|
Terdapat sebagian besar
keharmonisan komposisi karya yang dirancang
|
Tidak ada keharmonisan
komposisi karya yang dirancang
|
2
|
Keindahan karya yang dihasilkan
|
Karya yang dihasilkan menimbulkan
kesan rasa sangat kagum
|
Karya yang dihasilkan
menimbulkan kesan rasa kagum
|
Karya yang dihasilkan
menimbulkan kesan kurang enak dilihat
|
Karya yang dihasilkan
menimbulkan kesan tidak enak dilihat
|
3
|
Kerapihan
|
Karya kerajinan terlihat sangat
rapi
|
Karya kerajinan terlihat rapi
|
Karya kerajinan terlihat kurang
rapi
|
Karya kerajinan terlihat tidak
rapi
|
Refleksi
Guru
1.
Hal-hal apa saja yang perlu menjadi perhatian
bapak/ibu selama pembelajaran ?
2.
Siswa mana saja yang perlu mendapat perhatian
khusus?
3.
Hal-hal apa saja menjasi catatan keberhasilan
pembelajaran yang telah bapak/ibu lakukan?
4.
Hal-hal apa saja yang harus diperbaiki dan
ditingkatkan agar pembelajaran yang bapak/ibu lakukan menjadi lebih efektif?
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN
Sirnagalih
SRI LELAWATI, S.Pd
NIP. 19620115 198204 2 005
|
|
Sedalewih, Juni 2014
Guru Kelas II
ADE AGUS HALIM
|
blue titanium | Tioga Art
BalasHapusblue titanium scissors titanium. The name of columbia titanium this unique titanium-art style craft is that it is titanium hair trimmer made from copper. This alloy titanium hair clipper is ground into the ground using a ground base that titanium rings for women contains a
db699 brooks juoksukengät,brooks wien,brooks schoenen,brooks belgie,brooks schuhe deutschland,brooks schweiz,brooks españa,brooks zapatillas iv201
BalasHapus